{HHRMA~Bali} BURSA KERJA DISNAKER DENPASAR --- Tentang SOSIALISASI JAMSOSTEK - Untung dan Rugi Ikut Jamsostek [5 Attachments]
Written by lowongan kerja on 8:56 PM
[Attachment(s) from Bursa Kerja Bali included below]
Training Aplikatif :
* Akhir Oktober --- SERVICE MAGIC (half day training)
Sampai bertemu di acara FORUM SDM BALI .....
Berhubung aturan perundang udangan mewajibkan / "memaksa" / mengharuskan untuk ikut Jamsostek, maka kita (SDM) dan perusahaan sebagai "obyek sasaran" tentu juga bisa memaksa pihak Jamsostek untuk memberikan layanan terbaik semaksimal mungkin kepada kita pengguna mereka.
Untuk itu MOHON MASUKAN / INFO TENTANG PERBAIKAN JAMSOSTEK
Ini draft dari saya. Masih saya pikirkan lagi yang lainnya
* Banyak yang menyarankan untuk membuka kantor cabang di daerah Kuta atau ke Kuta Selatan. Saya dulu sudah sempat sampaikan ke Jamsostek, percuma menggalakkan penambahan kepesertaan jumlah peserta perusahaan, apabila counternya tetap seperti ini. Karena akan muncul antrian yang parah. Jawabannya waktu itu ; untuk daerah Denpasar atau yang ke arah Utara, bisa ke Jamsostek di Gianyar yang lebih sepi. Tahun depan harusnya sudah buka cabang di Badung Selatan
* WAJIB ADANYA Petugas di depan sebelum masuk ke counter. OK sekarang (sejak Pak Arbi -- Marketing Manager Jamsostek Wilayah I Bali yang baru) sudah didayagunakan siswa / mahasiswa magang. Namun saat itu saya sampaikan, tidak cukup. Karena di meja inilah terlebih dahulu dicheck kelengkapannya. Seringkali peserta sudah menunggu lama, tahu tahu pada saat sudah dapat giliran di couter, eh persyaratan kurang, dll. Kalau perlu sebelum berangkat ke Jamsostek sudah dapat mengkonfirmasi kelengkapannya. Agar tidak bolak balik menghabiskan waktu, tenaga dan biaya.
* Dokter / Klinik yang bekerjasama dengan Jamsostek masih sangat sedikit-- bahkan dalam setahun ini setahu saya tidak ada penambahan. Perusahaan tempat saya sebelumnya pernah menggunakan InHealth (sister company-nya ASKES). Dalam sebuah wawancara di majalah (karena terpilih sebagai perusahaan asuransi dengan peningkatan layanan terbaik), Direktur Utamanya mengatakan bahwa mereka sangat concern dengan peningkatan jumlah dan kualitas provider. Saya sempat sampaikan hal ini ke Bpk Arbi, dan ybs -- karena orang baru di Bali-- mengatakan akan meng-evaluasinya
-- Karyawan saya banyak yang komplain tentang pilihan dokter ini; SEINGAT SAYA : Di Klungkung hanya ada 1 dokternya, di Tabanan sangat sedikit (hanya 2 atau 3) dan itupun banyak yang di komplain oleh karyawan saya karena terlalu kaku. Saya sempat marah besar karena ada karyawan saya yang sudah maag kronis dan minta surat rujukan tapi tidak diberikan dan harus mendapat obat dulu dari dokter tsb bila dalam 3 hari tidak sembuh, baru diberikan surat rujukan.
Ada karyawan saya di Gastu Barat, kalau tidak salah, dokter terdekatnya di Jln Nangka atau di Monang Maning
* Maksimalkan tehnologi :
-- Mesin Fax atau internet di loket Jamsostek di RS Sanglah. Saya mengalami sendiri saat anak saya masuk rumah sakit pada hari libur (Sabtu malam) dan petugasnya meminta surat pernyataan dari kantor saya. Untung saya simpan file surat pernyataan tsb di email saya dan bisa saya download di internet dan saya tandatangani plus saya berikan kartu nama saya sebagai HRD (walau surat tsb tentu tanpa cap karena tidak sempat ke kantor karena hari itu hari libur). Bayangkan bila karyawan harus ke kantor dulu (atau HRD mengantar surat pernyataan ke RS). Sebenarnya surat tsb bisa dikirim via fax atau hasil scan dikirim via email (asli menyusul). Saat ini sudah jaman modern, so maksimalkan tehnologi..
-- Bos bule saya juga sempat menanyakan. Mengapa harus sering antar dokumen ke kantor Jamsostek ? Misal pendaftaran peserta baru. Memang form sudah bisa dikirim via email. namun foto masih manual. Harusnya bisa foto juga discan dan dikirim via email. Sehingga semuanya via email. Ok - memang dulu lebih manual lagi. Sekarang sebagian sudah bisa dilakukan via email. Tapi harus lebih dimaksimalkan penggunaan tehnologi
* Sosialisasi tentang segala informasi JAMSOSTEK
-- Database JAMSOSTEK pasti ada nomor HP dan juga nomor email peserta atau perusahaan. Saat ini sudah sangat mudah dan sangat murah penggunaan blast SMS dan email. Saya sudah sempat menawarkan ke Jamsostek untuk membantu melakukan hal ini. Saya siapkan materi informasinya, di-acc oleh Jamsostek, saya blast ke database peserta atau penanggungjawab Jamsostek di perusahaan. Mudah Murah kan ?
Harus lebih di-push mengenai hal ini. Mengapa ? Karena banyak sekali peserta yang tidak paham tentang tehnis klaim dll. Bahkan HRD pun juga banyak yang belum tahu. Termasuk saya. Saat ini sudah ada form informasi fotokopi yang disiapkan. Namun itu masih garis besarnya. Ada beberapa info yang bisa dicari di internet.
* Layanan telpon Jamsostek. Saya berkali kali mencoba menelpon Jamsostek, namun lebih sering gagal. Pertama, karena mesin penjawab yang menerima. Lalu mesin penjawab meminta nomor extension yang tidak saya ketahui. Bila menggunakan operator, lamanya minta ampun bahkan hampir selalu tidak diangkat. Saya coba iseng mencari tahu siapa staff operator di kantor Jamsostek. NAMUN ternyata TIDAK ADA. Yah pantas, tidak ada yang mengangkat telpon tsb.
* Layanan dari AO Jamsostek belum maksimal. Sekitar 3 tahun lalu saya pernah kritik keras Kanwil Pajak Bali karena karyawannya yang menurut saya tidak maksimal memberikan pelayanan. Tanggapan Bpk Kakanwil Pajak positif. Kemudian saya mensupport sosialisasi NPWP karyawan. Saat itu Kanwil Pajak mengatakan bahwa gaji staf-nya SAMA bahkan LEBIH TINGGI dibandingkan beberapa Manager HRD. Jadi, kalau kerjanya tidak benar, silakan dikomplain. Sepengetahuan saya, gaji staf Jamsostek belum setinggi staf Pajak. Namun tetap layak kita komplain bila kerjanya masih lelet. Karena setahu saya, gaji karyawan BUMN sudah pasti di atas rata rata.
INTINYA ; kita harus bersikap sebagai oposisi loyalis. Maksudnya ; bila pekerjaannya benar dan niatnya baik, mari kita dukung dan BINA. Tapi kalau SUDAH MEWAJIBKAN / mengharuskan / menodong kita ikut JAMSOSTEK dan tidak boleh ikut yang lain (dengan dasar aturan pemerintah) -- ini artinya monopoli (diluar program JPK), kemudian kerjanya tidak benar melayani kita, ya mesti kita........
Ada lagi masukannya ?
Trainer : Iwan Setiawan
Invesasi : Rp 350.000,-
--- Kegiatan untuk daerah Denpasar DITIADAKAN dan DIGABUNG dengan kegiatan hari Selasa 20 September
INFORMASI KEGIATAN
SUSUNAN ACARA (TENTATIVE)
Salam rekan rekan SDM Bali
Berhubung banyaknya permintaan untuk jadi peserta, padahal akan diseleksi dahulu oleh pihak Disnaker Denpasar, maka perusahaan yang tidak mendapat tempat/stand akan tetap diakomodasi dengan tetap dapat menempelkan info lowongan pekerjaan di papan pengumuman di lokasi acara bursa kerja yang akan disediakan oleh Forum SDM Bali.....
Untuk informasi lebih lanjut kegiatan Bursa Kerja Disnaker Denpasar; silakan hubungi panitia :
Contact person Panitia :
1. Luh Nyoman Sumawati, S.Sos (08124620229)
2. Ni Luh Putu Ratna Lati K, SE (081236467315)
3. A.A. Putra Wirasanjaya, SH (081805517886)
1. Luh Nyoman Sumawati, S.Sos (08124620229)
2. Ni Luh Putu Ratna Lati K, SE (081236467315)
3. A.A. Putra Wirasanjaya, SH (081805517886)
Dalam rangka bursa kesempatan kerja (job fair) Kota Denpasar 2011 yang
akan dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 28 sd. 29 oktober 2011
bertempat di Gor Lila Buana Jl. Melati denpasar, kami menyampaikan kepada
seluruh perusahaan-perusahaan pengguna tenaga kerja se Kota Denpasar agar
segera berpartisipasi!.. Acara ini kami adakan secara gratis !!!...
akan dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 28 sd. 29 oktober 2011
bertempat di Gor Lila Buana Jl. Melati denpasar, kami menyampaikan kepada
seluruh perusahaan-perusahaan pengguna tenaga kerja se Kota Denpasar agar
segera berpartisipasi!.. Acara ini kami adakan secara gratis !!!...
Konfirmasi kesediaan sebagai peserta berupa pengisian Formulir Kepesertaan
melalui email: tenagakerja@denpasarkota.go.id atau datang langsung ke
kantor kami Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial Kota Denpasar Jl.
Mulawarman No.2 Denpasar, Telp.0361-422271.
Karena jumlah Partisi yang Kami sediakan terbatas untuk itu kami akan
melakukan penyeleksian Perusahaan untuk bisa ikut serta dalam Job Fair
2011 ini, perusahaan yang lolos seleksi akan kami hubungi lebih lanjut via
telphone, untuk itu kami harapkan mencantumkan contact person yang dapat
di hubungi di Formulir Keikutsertaan yang nanti Bapak/Ibu lengkapi, terima
kasih.
melalui email: tenagakerja@denpasarkota.go.id atau datang langsung ke
kantor kami Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial Kota Denpasar Jl.
Mulawarman No.2 Denpasar, Telp.0361-422271.
Karena jumlah Partisi yang Kami sediakan terbatas untuk itu kami akan
melakukan penyeleksian Perusahaan untuk bisa ikut serta dalam Job Fair
2011 ini, perusahaan yang lolos seleksi akan kami hubungi lebih lanjut via
telphone, untuk itu kami harapkan mencantumkan contact person yang dapat
di hubungi di Formulir Keikutsertaan yang nanti Bapak/Ibu lengkapi, terima
kasih.
Salam hangat rekan rekan SDM Bali
* Bursa Kerja Kota Denpasar -- 28 sd. 29 oktober 2011
Gor Lila Buana Jl. Melati Denpasar- GRATIS !!
Gor Lila Buana Jl. Melati Denpasar- GRATIS !!
Website : http://tenagakerja.denpasarkota.go.id
hubungi ; tenagakerja@denpasarkota.go.id
hubungi ; tenagakerja@denpasarkota.go.id
UNDANGAN
* Senin, 17 Oktober 2011 - Hotel Nikki
Sosialisasi JAMSOSTEK - APINDO Bali
Pendaftaran : Kirim via email
Nama, Jabatan, Perushan, Alamat Kantor, No Tlp, No HP
TEMPAT TERBATAS 100 PESERTA SAJA.
* Kegiatan FORUM SDM BALI --
HIGH TEA - DISKUSI TERBATAS
SOLUSI SANTUNAN KEMATIAN & DANA PENSIUN KARYAWAN
SABTU, 15 Oktober 2011 --- PUKUL 14.00 - 17.00 WITA
COMMONWEALTH -- BUNDARAN UBUNG (SEBERANG AUTO 2000 -- SAMPING SEPATU BATA)
WAJIB RESERVASI : Kirim Nama, Jabatan, Perusahaan, No HP ke gunawanwicaksono@hotmail.com
Tempat TERBATAS : hanya 15 orang --- FREE
Kumpul Bareng HRD Bali ; 19 Oktober.
Sosialisasi Pemagangan Resmi ke Jepang,
Sharing Hasil Rakernas APINDO di Medan,
Update info terakhir pembahasan UMK 2012,
Sekilas info Badan Sertifikasi Profesi Nasional,
Sekilas Info Sinkronisasi Koordinasi Pemagangan
HUMAN RESOURCES COURSE ...... Start 22 Oktober 2011. Biaya 2 juta setiap Sabtu pukul 16.00 - 20.00
( 12x pertemuan) di Bhuana Training Dalung..
Silabus materi akan dikirim via email ke yang berminat
AYO TINGKATKAN Kemampuan Diri sebagai HRD.
Registrasi ;
Ketik Nama, Jabatan, Perusahaan, Alamat Perusahaan No Telpon, No HP, Alamat email
Kirim via email ke komunitas.sdm.bali@gmail.com
Topik materi akan dikirim via email.
Training Aplikatif :
* Akhir Oktober --- SERVICE MAGIC (half day training)
by Iwan Setiawan. Investasi Rp 150.000,- TEMPAT TERBATAS
* Selasa 25 Oktober 2011 FULL DAY TRAINING -- 09.00 - 15.30 Wita
Gedung CNI -- Kuta Galeria / Central Parkir
Jl. Patih Jelantik Kuta - dekat POM Bensin Imam Bonjol
-- SUPERVISOR - LEADERSHIP - COMMUNICATION SKILL
by Yusron Nurkholis. Investasi Rp 200.000,-
HANYA UNTUK 75 PESERTA !!
Peserta Group / Kelompok -- Jumlah 5 orang hanya Rp 900.000
--- tidak harus dari 1 perusahaan --
* Kamis 3 Nopember 2011
FULL DAY TRAINING -- 09.00 - 15.30 Wita
Gedung CNI -- Kuta Galeria / Central Parkir Jl. Patih Jelantik Kuta
-- SELLING SKILL
by Yusron Nurkholis. Investasi Rp 200.000,-
HANYA UNTUK 75 PESERTA !!
Peserta Group / Kelompok -- Jumlah 5 orang hanya Rp 900.000
--- tidak harus dari 1 perusahaan --
SEGERA BOOKING TEMPAT !!!
Registrasi ; Ketik Nama, Jabatan, Perusahaan, Alamat Perusahaan, No Telpon, No HP
Registrasi ; Ketik Nama, Jabatan, Perusahaan, Alamat Perusahaan, No Telpon, No HP
email ke : komunitas.sdm.bali@gmail.com
INFO NIAGA :
Yang mempunyai kegiatan internal di perusahaan, silakan minta sample POCARI SWEAT.
Atau yang mau jalan jalan ke Pabrik POCARI SWEAT
Kirim proposal ke : marketingdenpasar@aio.co.id
cq. Mbak GalihYang mempunyai kegiatan internal di perusahaan, silakan minta sample POCARI SWEAT.
Atau yang mau jalan jalan ke Pabrik POCARI SWEAT
Kirim proposal ke : marketingdenpasar@aio.co.id
SEGERA GABUNG !! :
UPDATE per detik Berita dan Info SDM BALI disampaikan via :
- Hide quoted text -
FACEBOOK : --- silakan add di : www.facebook.com/komunitassdmbali
MAILING LIST --- silakan kirim email ke : sdmbali-subscribe@yahoogroups.com
TWITTER : --- folow @SDMBali http://twitter.com/#!/SDMBali
Silakan pilih salah satu atau boleh semuanyaMengapa ikut jamsostek
1. Alasan pertama dan utama, karena MEMANG DIWAJIBKAN oleh Undang Undang. Jadi, mau tidak mau, suka tidak suka, rela tidak rela, ya HARUS ikut JAMSOSTEK. Ada implikasi hukumnya bila tidak ikut Jamsostek
2. Alasan kedua, dalam beberapa hal JAMSOSTEK memang asuransi yang murah, mudah dan cukup luas coverannya – relatif dibandingkan dengan murahnya premi yang dibayarkan.
a. Misal, premi untuk karyawan lajang hanya Rp 30.000,-/orang/bulan Bandingkan dengan asuransi kesehatan umum. Paling murah perorang Rp 80 ribu/bulan dengan catatan minimal pesertanya adalah 100 orang. Sedangkan Jamsostek, jumlah karyawan 1 orang juga boleh jadi peserta.
b. Premi karyawan berkeluarga dengan 3 anak dan 1 suami/istri (TOTAL 5 orang) adalah Rp 60.000. Berarti Rp 12.500 per orang. Murah sekali kan ? Bandingkan dengan asuransi kesehatan yang per orangnya Rp 80 ribu/bulan. Lima kali (5x) lebih mahal dibandingkan Jamsostek. Jadi, sangat wajib asuransi kesehatan yang lain tsb, kualitasnya 5x lebih baik dibandingkan Jamsostek. Pertanyaannya ; apakah Jamostek 5x lebih buruk layanannya dibandingka asuransi kesehatan ?
c. Jamsostek meng-cover karyawan yang SUDAH sakit. Bandingkan dengan asuransi manapun yang hanya meng-cover peserta yang MASIH SEHAT. Atau ada masa tunggu (tidak dicover) dalam 1 tahun pertama. Jadi, kalau ada karyawan yang bulan lalu sudah sakit, kemudian hari ini ikut jadi peserta Jamsostek, maka bila besok malam masuk rumah sakit, sudah di-cover oleh Jamsostek.
d. Tidak ada plafom / batas untuk Rawat Inap Sakit BIASA. Bila setiap bulan sakit (rawat jalan) 15x ke dokter keluarga, ya tetap dilayanai. Bila rawat inap selama 30 hari atau bahkan selama 150 hari dalam setahun, ya tetap di-cover oleh Jamsostek. Selama obat, fasilitas yang diberikan masih di cover Jamsostek, ya tetap akan dibayar oleh Jamsostek
3. Relatif lengkap coverannya dalam 1 premi. Ada kecelakaan kerja, rawat jalan, rawat inap, kematian (karena kecelakaan kerja dan kematian biasa), dan jaminan hari tua.
4. Memang Penyakit KRITIS tidak ditanggung. Misal kanker, cuci darah, operasi otak, dll. Namun kelebihannya, bila karyawan telah terkena penyakit kritis (yang tidak ditanggung), namun bila terkena penyakit biasa, maka biaya perawatan penyakit biasa tsb (yang tidak ada kaitan dengan penyakit kritis) akan DITANGGUNG. Misal si A sudah kena kanker paru paru – TIDAK DITANGGUNG oleh Jamsostek. Namun kemudian dia terkena penyakit demam berdarah. Maka yang demam berdarah ini tetap dicover Jamsostek. Beda dengan asuransi kesehatan biasa. Yang umumnya bila si nasabah sudah terkena penyakit kritis, maka layanan kesehatannya akan dicabut SEMUANYA.
Salam rekan rekan SDM Bali
Sebenarnya saya prihatin dengan jumlah peserta Sosialisasi Jamsostek yang sekitar 150 - 170 orang. Perkiraan saya, minimal 250 peserta. Kenyataannya, jauh dari target... Padaha ini acara GRATIS. Kenapa tidak dimaksimalkan ? Ini program WAJIB yang diatur UU. Ada konsekuensi hukum bila tidak ikut. Mari kita maksimalkan sosialisasi semacam ini untuk mendapatkan informasi layanannya agar dapat kita manfaatkan secara maksimal. Selain tentu tetap mem-PUSH Jamsostek meningkatkan kualitas layanannya. Mengapa upaya mereka yang GRATIS ini tidak dimaksimalkan rekan rekan HRD ? Bila ada tuntutan hukum dari karyawan/akhli waris/serikat pekerja, maka Disnaker dan Jamsostek bisa berargumen, mereka sudah mengundang GRATIS perusahaan, tapi perusahaan yang tidak datang. So, tidak ada alasan bahwa perusahaan tidak tahu, sehingga semua tuntutan akan beralih ke perusahaan (owner,direktur dan HRD). Dan seumur-umur, semua tuntutan bertopik JAMSOSTEK hampir 100% dimenangkan oleh pihak penggugat (karyawan/akhli waris/serikat pekerja)....... Sayang kan ...
Sebenarnya saya prihatin dengan jumlah peserta Sosialisasi Jamsostek yang sekitar 150 - 170 orang. Perkiraan saya, minimal 250 peserta. Kenyataannya, jauh dari target... Padaha ini acara GRATIS. Kenapa tidak dimaksimalkan ? Ini program WAJIB yang diatur UU. Ada konsekuensi hukum bila tidak ikut. Mari kita maksimalkan sosialisasi semacam ini untuk mendapatkan informasi layanannya agar dapat kita manfaatkan secara maksimal. Selain tentu tetap mem-PUSH Jamsostek meningkatkan kualitas layanannya. Mengapa upaya mereka yang GRATIS ini tidak dimaksimalkan rekan rekan HRD ? Bila ada tuntutan hukum dari karyawan/akhli waris/serikat pekerja, maka Disnaker dan Jamsostek bisa berargumen, mereka sudah mengundang GRATIS perusahaan, tapi perusahaan yang tidak datang. So, tidak ada alasan bahwa perusahaan tidak tahu, sehingga semua tuntutan akan beralih ke perusahaan (owner,direktur dan HRD). Dan seumur-umur, semua tuntutan bertopik JAMSOSTEK hampir 100% dimenangkan oleh pihak penggugat (karyawan/akhli waris/serikat pekerja)....... Sayang kan ...
TANGGAPAN DARI JAMSOSTEK ATAS MASUKAN :
Respon dari kritikan teman teman ke JAMSOSTEK ; tahun depan akan dibuka counter Jamsostek di Kuta atau Seminyak. Jadi tidak perlu jauh jauh dan ANTRI LAMA di Jamsostek Hayam Wuruk Denpasar. Ayo...kita PUSH terus Jamsostek dan kita dukung utk tingkatkan layanan mereka
Lagi respon dari kritik atas sulitnya menghubungi kantor Jamsostek Hayam Wuruk :
silakan telpon ke bagian Pelayanan 082 897 082004 atau email ke arbiharun@yahoo.com dan cc ke jams_bali@yahoo.co.id
INFO MENARIK :
Yang akan punya hajatan acara di perusahaan, silakan minta sample produk ke POCARI SWEAT kirim proposal ke marketingdenpasar@aio.co.id cq.
Yang ingin darmawisata ke pabrik POCARI, silakan kirim proposal……
Mbak GADING Pocari Sweat hampir selalu support FORUM SDM BALI
Sampai bertemu di acara FORUM SDM BALI .....
Salam
TENTANG PENGAWAS & TUNTUTAN TENTANG JAMSOSTEK
Saya sempat bertanya ke Pengadilan Hubungan Industrial di Jln Menuh Denpasar
Ternyata di Bali belum ada tuntutan / kasus tentang Jamsostek
Padahal di luar Bali terutama di Jawa sudah sangat banyak.
Misal ; yang paling sering ; Karyawan TIDAK DIIKUTKAN di Jamsostek
Atau data gaji yang dilaporkan ke Jamsostek tidak sesuai kenyataan.
--- Jamsostek tidak bisa menindak, yang berhak menindak adalah PENGAWAS ketenagakerjaan
Ternyata di Bali belum ada tuntutan / kasus tentang Jamsostek
Padahal di luar Bali terutama di Jawa sudah sangat banyak.
Misal ; yang paling sering ; Karyawan TIDAK DIIKUTKAN di Jamsostek
Atau data gaji yang dilaporkan ke Jamsostek tidak sesuai kenyataan.
--- Jamsostek tidak bisa menindak, yang berhak menindak adalah PENGAWAS ketenagakerjaan
--- Bisa ditanyakan ke Bpk Arbi -- narasumber besok, karena beliau sudah banyak menangani kasus tsb.
Yang biasanya menjadi sasaran tuntutan adalah :
PERUSAHAAN --- BISA JADI dialamatkan ke Owner, Manager dan tentu HRD Manager
Serikat Pekerja -- karena tidak mengingatkan manajemen dan tidak memperjuangkan hak karyawan
Yang biasanya menjadi sasaran tuntutan adalah :
PERUSAHAAN --- BISA JADI dialamatkan ke Owner, Manager dan tentu HRD Manager
Serikat Pekerja -- karena tidak mengingatkan manajemen dan tidak memperjuangkan hak karyawan
DISNAKER -- karena sebagai pihak yang "secara resmi ditugaskan" oleh undang undang sebagai eksekutor, pengawas dan pihak yang memantau pelaksanaan aturan Jamsostek
PIHAK JAMSOSTEK -- sebenarnya kurang pas, karena Jamsostek hanya operator pelaksana tehnis jalannya program tsb.
Pihak DISNAKER bisa bebas dari tuntutan bila terbukti bahwa pihak Disnaker pernah berkunjung, pernah menyarankan bahkan pernah MENGUNDANG perusahaan tsb untuk mendapat sosialisasi namun perusahaan yang tidak "bengkung" tidak hadir di Sosialisasi dan tetap tidak ikut Jamsostek
Sehingga tuntutan biasanya akhirnya jatuh ke perusahaan -- owner, direktur atau HRD Manager.
Jadi --- berhati hatilah......
Aturan Jamsostek total file 6.5 MB
Harap info bila Anda keberatan dikrimkan file sebesar itu
trims
Gunawan
Forum SDM Bali
Terlampir aturan mengenai Pegawai Pengawas termasuk Pengawas Ketenagakerjaan
PIHAK JAMSOSTEK -- sebenarnya kurang pas, karena Jamsostek hanya operator pelaksana tehnis jalannya program tsb.
Pihak DISNAKER bisa bebas dari tuntutan bila terbukti bahwa pihak Disnaker pernah berkunjung, pernah menyarankan bahkan pernah MENGUNDANG perusahaan tsb untuk mendapat sosialisasi namun perusahaan yang tidak "bengkung" tidak hadir di Sosialisasi dan tetap tidak ikut Jamsostek
Sehingga tuntutan biasanya akhirnya jatuh ke perusahaan -- owner, direktur atau HRD Manager.
Jadi --- berhati hatilah......
Aturan Jamsostek total file 6.5 MB
Harap info bila Anda keberatan dikrimkan file sebesar itu
trims
Gunawan
Forum SDM Bali
Terlampir aturan mengenai Pegawai Pengawas termasuk Pengawas Ketenagakerjaan
Petugas Pengawas Ketenagakerjaan boleh melakukan SIDAK (TANPA surat Tugas). Cukup menunjukkan Kartu Pengawas Ketenaga Kerjaan & Kartu dari Mabes POLRI. Serta berhak memasuki area lokasi kerja, meminta/ menyita data terkait ketenagakerjaan.
JADI, BERHATI HATILAH ……
Salam
Gunawan
08191 616 8191
Salam
Gunawan
08191 616 8191
Berhubung aturan perundang udangan mewajibkan / "memaksa" / mengharuskan untuk ikut Jamsostek, maka kita (SDM) dan perusahaan sebagai "obyek sasaran" tentu juga bisa memaksa pihak Jamsostek untuk memberikan layanan terbaik semaksimal mungkin kepada kita pengguna mereka.
Untuk itu MOHON MASUKAN / INFO TENTANG PERBAIKAN JAMSOSTEK
Ini draft dari saya. Masih saya pikirkan lagi yang lainnya
* Banyak yang menyarankan untuk membuka kantor cabang di daerah Kuta atau ke Kuta Selatan. Saya dulu sudah sempat sampaikan ke Jamsostek, percuma menggalakkan penambahan kepesertaan jumlah peserta perusahaan, apabila counternya tetap seperti ini. Karena akan muncul antrian yang parah. Jawabannya waktu itu ; untuk daerah Denpasar atau yang ke arah Utara, bisa ke Jamsostek di Gianyar yang lebih sepi. Tahun depan harusnya sudah buka cabang di Badung Selatan
* WAJIB ADANYA Petugas di depan sebelum masuk ke counter. OK sekarang (sejak Pak Arbi -- Marketing Manager Jamsostek Wilayah I Bali yang baru) sudah didayagunakan siswa / mahasiswa magang. Namun saat itu saya sampaikan, tidak cukup. Karena di meja inilah terlebih dahulu dicheck kelengkapannya. Seringkali peserta sudah menunggu lama, tahu tahu pada saat sudah dapat giliran di couter, eh persyaratan kurang, dll. Kalau perlu sebelum berangkat ke Jamsostek sudah dapat mengkonfirmasi kelengkapannya. Agar tidak bolak balik menghabiskan waktu, tenaga dan biaya.
* Dokter / Klinik yang bekerjasama dengan Jamsostek masih sangat sedikit-- bahkan dalam setahun ini setahu saya tidak ada penambahan. Perusahaan tempat saya sebelumnya pernah menggunakan InHealth (sister company-nya ASKES). Dalam sebuah wawancara di majalah (karena terpilih sebagai perusahaan asuransi dengan peningkatan layanan terbaik), Direktur Utamanya mengatakan bahwa mereka sangat concern dengan peningkatan jumlah dan kualitas provider. Saya sempat sampaikan hal ini ke Bpk Arbi, dan ybs -- karena orang baru di Bali-- mengatakan akan meng-evaluasinya
-- Karyawan saya banyak yang komplain tentang pilihan dokter ini; SEINGAT SAYA : Di Klungkung hanya ada 1 dokternya, di Tabanan sangat sedikit (hanya 2 atau 3) dan itupun banyak yang di komplain oleh karyawan saya karena terlalu kaku. Saya sempat marah besar karena ada karyawan saya yang sudah maag kronis dan minta surat rujukan tapi tidak diberikan dan harus mendapat obat dulu dari dokter tsb bila dalam 3 hari tidak sembuh, baru diberikan surat rujukan.
Ada karyawan saya di Gastu Barat, kalau tidak salah, dokter terdekatnya di Jln Nangka atau di Monang Maning
* Maksimalkan tehnologi :
-- Mesin Fax atau internet di loket Jamsostek di RS Sanglah. Saya mengalami sendiri saat anak saya masuk rumah sakit pada hari libur (Sabtu malam) dan petugasnya meminta surat pernyataan dari kantor saya. Untung saya simpan file surat pernyataan tsb di email saya dan bisa saya download di internet dan saya tandatangani plus saya berikan kartu nama saya sebagai HRD (walau surat tsb tentu tanpa cap karena tidak sempat ke kantor karena hari itu hari libur). Bayangkan bila karyawan harus ke kantor dulu (atau HRD mengantar surat pernyataan ke RS). Sebenarnya surat tsb bisa dikirim via fax atau hasil scan dikirim via email (asli menyusul). Saat ini sudah jaman modern, so maksimalkan tehnologi..
-- Bos bule saya juga sempat menanyakan. Mengapa harus sering antar dokumen ke kantor Jamsostek ? Misal pendaftaran peserta baru. Memang form sudah bisa dikirim via email. namun foto masih manual. Harusnya bisa foto juga discan dan dikirim via email. Sehingga semuanya via email. Ok - memang dulu lebih manual lagi. Sekarang sebagian sudah bisa dilakukan via email. Tapi harus lebih dimaksimalkan penggunaan tehnologi
* Sosialisasi tentang segala informasi JAMSOSTEK
-- Database JAMSOSTEK pasti ada nomor HP dan juga nomor email peserta atau perusahaan. Saat ini sudah sangat mudah dan sangat murah penggunaan blast SMS dan email. Saya sudah sempat menawarkan ke Jamsostek untuk membantu melakukan hal ini. Saya siapkan materi informasinya, di-acc oleh Jamsostek, saya blast ke database peserta atau penanggungjawab Jamsostek di perusahaan. Mudah Murah kan ?
Harus lebih di-push mengenai hal ini. Mengapa ? Karena banyak sekali peserta yang tidak paham tentang tehnis klaim dll. Bahkan HRD pun juga banyak yang belum tahu. Termasuk saya. Saat ini sudah ada form informasi fotokopi yang disiapkan. Namun itu masih garis besarnya. Ada beberapa info yang bisa dicari di internet.
* Layanan telpon Jamsostek. Saya berkali kali mencoba menelpon Jamsostek, namun lebih sering gagal. Pertama, karena mesin penjawab yang menerima. Lalu mesin penjawab meminta nomor extension yang tidak saya ketahui. Bila menggunakan operator, lamanya minta ampun bahkan hampir selalu tidak diangkat. Saya coba iseng mencari tahu siapa staff operator di kantor Jamsostek. NAMUN ternyata TIDAK ADA. Yah pantas, tidak ada yang mengangkat telpon tsb.
* Layanan dari AO Jamsostek belum maksimal. Sekitar 3 tahun lalu saya pernah kritik keras Kanwil Pajak Bali karena karyawannya yang menurut saya tidak maksimal memberikan pelayanan. Tanggapan Bpk Kakanwil Pajak positif. Kemudian saya mensupport sosialisasi NPWP karyawan. Saat itu Kanwil Pajak mengatakan bahwa gaji staf-nya SAMA bahkan LEBIH TINGGI dibandingkan beberapa Manager HRD. Jadi, kalau kerjanya tidak benar, silakan dikomplain. Sepengetahuan saya, gaji staf Jamsostek belum setinggi staf Pajak. Namun tetap layak kita komplain bila kerjanya masih lelet. Karena setahu saya, gaji karyawan BUMN sudah pasti di atas rata rata.
INTINYA ; kita harus bersikap sebagai oposisi loyalis. Maksudnya ; bila pekerjaannya benar dan niatnya baik, mari kita dukung dan BINA. Tapi kalau SUDAH MEWAJIBKAN / mengharuskan / menodong kita ikut JAMSOSTEK dan tidak boleh ikut yang lain (dengan dasar aturan pemerintah) -- ini artinya monopoli (diluar program JPK), kemudian kerjanya tidak benar melayani kita, ya mesti kita........
Ada lagi masukannya ?
Salam rekan ……...
Banyak rekan rekan yang menanyakan tentang JPK, JM dan JHT.
Menurut saya, program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) di Jamsostek sudah bagus plus sangat murah.
Sedang Jaminan Kematian, bila kematian karena kecelakaan kerja/penyakit kerja, sudah besar jumlah santunannya. Namun untuk kematian normal, masih relatif kecil.
Sedang yang agak besar iurannya (Jaminan Hari Tua) malah kurang bagus pengembangannya (max 11%).
Namun bila dibandingkan dengantabungan dan deposito, maka JHT Jamsostek lebih bagus. Karena tabungan hanya 3-4% dan deposito hanya 6%. Sedangkan tingkat pengembangan investasi Jamsostek sudah 11%
Namun jangan salahkan Jamsostek. Sebab, memang Undang Undang yang membatasi Jamsostek memasukkan dananya ke Reksanada yang SANGAT bagus pergembangan investasinya (rata rata bisa 45% pertahun). Namun dalam rancanganyang akan datang, Jamsostek sudah bisa menempatkan lebih banyak dananya di reksdana sehingga tingkat pengembangan investasinya pasti ( bila kondisi normal) harusnya di atas 11%
Ada alasannya juga, karena dana JHT itu biasanya diambil (ditarik) oleh karyawan yang di PHK pada saat ekonomi krisis. Padahal, bila dana 100 trilyun Jamsostek ditaruh di Reksadana, maka pas ekonomi turun, maka nilai reksadana juga turun. Kan bahaya. Contohnya, Jamsostek naruh dana 100 trilyun di reksadana. Pas ekonomi turun, nilai reksadana turun dari 100 triyun ke 75 trilyun. Padahal, pas jaman sulit begitu, pasti banyak karyawan yang di-PHK, konsekuensinya banyak karyawan yang mencairikan dana JHT. Nah, pas banyak-banyaknya karyawan yang mencairkann JHT, pas dananya turun di reksadana. Ini bahaya yang diantisipasi pemerintah sehingga membatasi dana 100 trilyun yang dimiliki Jamsostek hanya boleh max 20% nya saja yang ditaruh di reksadana. Padahal kita tahu, untuk jangka menengah panjang, penempatan di reksadana yang paling bagus, paling tinggi tingkat pengembangannya. Sedang sisanya yang 80% di deposito/obligasi yang relative lebih aman dan terjamin namun relative rendah pengembangannya – hanya 6 – 8% per tahun. Kombinasi dari penempatan 80% dana di deposito/obligasi yang aman-terjamin-namun relative rendah pengembangan investasinya dan penempatan 20% dana di reksadana yang lebih berisiko tapi tinggi pengembangan investasinya ini yang menghasilkan rata rata pengembangan JHT sebesar 11% per tahun. Begitu ceritanya yang saya ketahui .... Pihak Jamsostek bisa memberikan penjelasan yang lebih detil lagi.
OK, mengenai JHT Jamsostek, secara aturan tidak boleh berhenti. Harus ikut terus. Program Jamsostek yang wajib diikuti : JHT (Jaminan Hari Tua), JK (Jaminan Kematian) dan JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja).
Sedang JPK (Jaminan Pemeliharaan Kesehatan) boleh mengambil selain Jamsostek --- walau pastinya jauh lebih mahal dari Jamsostek. Jadi intinya, program JHT yang menurut saya kurang bagus tetap tidak boleh diberhentikan (tetap wajib ikut).
Sebenarnya, saran saya, dana dari asuransi kesehatan lain lah yang sebaiknya dialihkan ke program Worksite asuransi. Karena di program worksite ini juga mencakup kesehatan, kematian dan dana pensiun. Lumayan Lengkap sebagai pelengkap Jamsostek. Daripada mengambil asuransi kesehatan yang hanya mengcover kesehatan saja dan --biasanya-- hilang / hangus begitu saja bila tidak ada klaim. Juga asuransi kesehatan hanya meng-cover per satu orang saja. Misal Rp 80 ribu per bulan perorang. Bila karyawan sudah menikah, maka harus ada tambahan biaya 1 lagi Rp 80.000, belum kalau nanti punya anak 1. Jatuhnya mahal sekali. Sekitar Rp 400 ribu untuk 1 keluarga karyawan dengan 5 anggota keluarga. Bandingkan dengan Jamsostek yang hanya Rp 60 ribu sudah meng-cover 5 orang anggota keluarga. Sangat menguntungkan sekali.
Jadi, maksimalkan manfaat Jaminan Kesehatan di Jamsostek yang memang murah namun agak relative kurang layanannya (karena preminya juga sangat murah!). Saran saya tambah dengan santunan dari Worksite asuransi. Nanti saya bantu meminta pihak Jamsostek untuk memberikan penjelasan tentang memaksimalkan / mengoptimalkan manfaat dari layanan Jamsostek. Kalau tahu programnya dan tahu prosedurnya, Jamsostek cukup bagus kok. Sebanding dengan preminya yang relative murah. Tentu, kalau perusahaan ada dana lebih PLUS di support dengan tambahan dari worksite asuransi.
Sebagai contoh ; layanan rawat inap Jamsostek. Hanya dilayani di kelas II di RS Pemerintah (biasanya kelas dengan layanan nomor 2 dari bawah), Namun peserta Jamsostek bisa meminta kenaikan level ke kelas yang lebih tinggi. Missal kelas VIP. Selisih biayanya tentu ditanggung oleh karyawan. Selisih biaya ini dapat diambil dari santunan yang diberikan oleh worksite asuransi. Dan perlu diingat, worksite asuransi juga meng-cover santunan kematian dan pengembangan investasi. Lengkap. Dan perlu diingat : biaya Santunan Kematian, pesangon, uang pisah atau dana pension sesuai UU Ketenagakerjaan angkanya sangat besar lho bila harus disiapkan sendiri oleh perusahaan. Maka alihkan dan siapkan dari dini dengan menggunakan worksite asuransi (premi per bulan bisa Rp 150 ribu per karyawan).
Sekian dulu informasi dari saya
Salam
Gunawan
Salam rekan rekan SDM Bali
Kegiatan yang AKAN digelar di Bulan September 2011
Training Certified PUBLIC SPEAKING
Senin, 26 September 2011 (1 full day)
09.00 – 17.00 Wita
Quest Hotel Kuta GaleriaKegiatan yang AKAN digelar di Bulan September 2011
Training Certified PUBLIC SPEAKING
Senin, 26 September 2011 (1 full day)
09.00 – 17.00 Wita
Trainer : Iwan Setiawan
Invesasi : Rp 350.000,-
Salam
Banyak informasi yang kurang lengkap yang masih beredar di masayarakat.
Misal ; perusahaan dengan 50 karyawan ke atas saja yang wajib ikut Jamsostek.
YANG BENAR ; Perusahaan dengan 1 karyawan pun bisa ikut Jamsostek
Juga, Yayasan, Lembaga Pendidikan, LSM, Organisasi juga bisa menjadi peserta Jamsostek.
Untuk itu, mari ikuti Sosialisasi JAMSOSTEK untuk mendapatkan informasi detil, lengkap dan jelas.
GRATIS namun WAJIB REGISTRASI pendaftaran terlebih dahulu karena TEMPAT TERBATAS.
Untuk yang telah menjadi peserta, silakan kirim masukan, uneg - uneg, pengalaman menyebalkan,
atau peristiwa yang menyenangkan saat dilayani oleh JAMSOSTEK.
FORUM SDM BALI akan tampil juga sebagai PEMBICARA untuk memberikan MASUKAN, SARAN dan
juga KRITIK atas layanaan JAMSOSTEK yang masih HARUS TERUS DITINGKATKAN.
Silakan registrasi dan sampai bertemu.......
Gunawan Wicaksono
Koordinator FORUM SDM BALI
Kegiatan di Bulan September 2011
* Kumpul Bareng HRD Manager Bali
Topik : Seluk Beluk Ijin Tenaga Kerja Asing
Narasumber : Dinas Tenaga Kerja & Imigrasi Prop. Bali
Rabu, 7 September 2011
Tempat Gedung CNI Kuta Galeria
Investasi Rp 100.000,- / peserta
2. CHARITY MOTIVATION TRAINING : "AMAZING YOU !!"
Rabu, 14 September 2011 -- dilanjutkan bulan NOPEMBER
Planet Hollywood - Simpang Siur Kuta
Trainer : dr. Adhika Sedyawan (Jakarta)
Investasi Rp. 100.000,- /peserta
(daftar 5 orang bonus tambahan 2 peserta)
(daftar 10 orang bonus tambahan 4 peserta)
3. Training SERVICE MAGIC !!
Senin, 19 September 2011 -- 09.00 - 12.00 Wita
Trainer : Iwan Setiawan
Tempat : QUEST Hotel – Kuta Galeria
Investasi Rp 150.000,- (send 7 participants, free 1)
Boleh langsung hadir dan bayar di tempat
4. Sosialisasi Jamsostek
Selasa, 20 September 2011
Puspem Badung Mengwi Mangupura
GRATIS -- Harus registrasi
5. Training Certified PUBLIC SPEAKING
Senin, 26 September 2011 (1 full day ; 09.00 - 17.00 wita)
Quest Hotel Kuta Galeria
Trainer : Iwan Setiawan
Invesasi : Rp 350.000,-
Banyak informasi yang kurang lengkap yang masih beredar di masayarakat.
Misal ; perusahaan dengan 50 karyawan ke atas saja yang wajib ikut Jamsostek.
YANG BENAR ; Perusahaan dengan 1 karyawan pun bisa ikut Jamsostek
Juga, Yayasan, Lembaga Pendidikan, LSM, Organisasi juga bisa menjadi peserta Jamsostek.
Untuk itu, mari ikuti Sosialisasi JAMSOSTEK untuk mendapatkan informasi detil, lengkap dan jelas.
GRATIS namun WAJIB REGISTRASI pendaftaran terlebih dahulu karena TEMPAT TERBATAS.
Untuk yang telah menjadi peserta, silakan kirim masukan, uneg - uneg, pengalaman menyebalkan,
atau peristiwa yang menyenangkan saat dilayani oleh JAMSOSTEK.
FORUM SDM BALI akan tampil juga sebagai PEMBICARA untuk memberikan MASUKAN, SARAN dan
juga KRITIK atas layanaan JAMSOSTEK yang masih HARUS TERUS DITINGKATKAN.
Silakan registrasi dan sampai bertemu.......
Gunawan Wicaksono
Koordinator FORUM SDM BALI
INFORMASI :
Segala informasi tentang FORUM SDM BALI – KOMUNITAS SDM BALI akan disampaikan via :
MAILING LIST --- silakan kirim email ke : sdmbali-subscribe@yahoogroups.com
FACEBOOK : --- silakan add di : www.facebook.com/komunitassdmbali
TWITTER : --- folow @SDMBali http://twitter.com/#!/SDMBali
Silakan pilih salah satu atau boleh semuanya
* Kumpul Bareng HRD Manager Bali
Topik : Seluk Beluk Ijin Tenaga Kerja Asing
Narasumber : Dinas Tenaga Kerja & Imigrasi Prop. Bali
Rabu, 7 September 2011
Tempat Gedung CNI Kuta Galeria
Investasi Rp 100.000,- / peserta
2. CHARITY MOTIVATION TRAINING : "AMAZING YOU !!"
Rabu, 14 September 2011 -- dilanjutkan bulan NOPEMBER
Planet Hollywood - Simpang Siur Kuta
Trainer : dr. Adhika Sedyawan (Jakarta)
Investasi Rp. 100.000,- /peserta
(daftar 5 orang bonus tambahan 2 peserta)
(daftar 10 orang bonus tambahan 4 peserta)
3. Training SERVICE MAGIC !!
Senin, 19 September 2011 -- 09.00 - 12.00 Wita
Trainer : Iwan Setiawan
Tempat : QUEST Hotel – Kuta Galeria
Investasi Rp 150.000,- (send 7 participants, free 1)
Boleh langsung hadir dan bayar di tempat
4. Sosialisasi Jamsostek
Selasa, 20 September 2011
Puspem Badung Mengwi Mangupura
GRATIS -- Harus registrasi
5. Training Certified PUBLIC SPEAKING
Senin, 26 September 2011 (1 full day ; 09.00 - 17.00 wita)
Quest Hotel Kuta Galeria
Trainer : Iwan Setiawan
Invesasi : Rp 350.000,-
INGAT – INGAT, Fasilitas untuk Partisipan Forum SDM Bali :
--- klik saja pilihan alternatif layanan ---- namun tidak perlu transfer --- kami akan aktifkan ----
TERIMA KASIH
Gunawan Wicaksono
PT. Commonwealth Life - Andromeda Agency
Jl. Gatot Subroto 888, Kav. 2,
Ruko Hokiland (Perempatan Ubung)
Denpasar – Bali 80116
Hp. 081191 616 8191 / 08113 802 802
Flexi. 0361 8724724
Fax. 0361. 410278
Email : gunawanwicaksono@hotmail.com
Website : www.commlife.co.id
INFORMASI KEGIATAN ; SOSIALISASI JAMSOSTEK
--- Selasa, 20 September 2011 Jam 9 pagi s/d jam 3 sore -- REGISTRASI 08.30 – 09.00 wita - wajib ontime !!
Kantor Bupati Badung Lantai 3 – Ruang Kerta Gosana – Pusat Pemerintahan Badung – MENGWI
SILAKAN DATANG LANGSUNG DENGAN MEMBAWA FORM REGISTRASI DI ATTACHMENT dan Kartu Nama (bila ada)
--- Kegiatan untuk daerah Denpasar DITIADAKAN dan DIGABUNG dengan kegiatan hari Selasa 20 September
INFORMASI KEGIATAN
- Acara santai -- memakai uniform yang ada logo / nama perusahaan / name tag
- Membawa kartu nama diserahkan pada saat registrasi,
- Membawa form terlampir di attachment yang sudah ditandatangani dan dicap perusahaan kemudian diserahkan pada saat registrasi
- REGISTRASI dipisahkan antara yang BELUM dan yang SUDAH menjadi peserta :
MEJA 1 :
- AREA Denpasar yang BELUM menjadi peserta
- AREA Badung yang BELUM menjadi peserta
MEJA 2 :
- AREA Denpasar yang SUDAH menjadi peserta
- AREA Badung yang SUDAH menjadi peserta
- Bila Anda pernah mengikuti kegiatan FORUM SDM Bali dan belum mengambil sertifikat, dapat dicheck di petugas registrasi (pada saat break makan siang—saat petugas ada waktu luang)
- Sertifikat yang belum diambil telah disiapkan di meja panitia registrasi
Denah lokasi terlampir ( di Kantor Bupati Badung Lantai 3 - Ruang Kerta Gosana – naik lift dari lobby)
Perhatikan untuk lokasi tempat parkir – karena pada hari Selasa tgl 20 September di lapangan Kantor Bupati Badung juga sedang dilaksanakan APEL PUPUTAN BADUNG
MOHON SUMBANGAN DONASI UNTUK 50% ke WIRASA BALI TV DAN 50% ke PROPOSAL REKAN REKAN ang mengajukan UNTUK PIHAK YANG MEMERLUKAN. Akan diedarkan kotak sumbangan yang akan diambil oleh pihak Wirasa Bali TV pada saat break makan siang.
Fasilitas hanya MAKAN SIANG.
TIDAK ADA sertifikat, dan lain lain.
Untuk informasi : Dana yang disediakan JAMSOSTEK hanya Rp 4 juta.
Untuk informasi : Dana yang disediakan JAMSOSTEK hanya Rp 4 juta.
Seluruhnya habis dipergunakan untuk biaya makan siang 250 peserta BELUM TERMASUK petugas kebersihan dan panitia
Dana operasional dari Sponsor – 1 saja : FINGERPRINT (Absen Sidik Jari – 500 ribu)
SUSUNAN ACARA (TENTATIVE)
o 08.30 – 09.00 : Registrasi
o 09.00 – 09.05 : Pembukaan dari Forum SDM Bali
o 09.05 – 09.15 : Kata Sambutan dari PT JAMSOSTEK
o 09.15 – 09.30 : Kata Sambutan Ketua APINDO Bali
o 09.30 – 09.45 : Kata Sambutan & Pembukaan Kegiatan oleh
Kadisosnaker Kabupaten Badung
o 09.45 – 11.30 : Presentasi PT JAMSOSTEK
o 11.30 – 12.00 : Saran, Masukan dari FORUM SDM BALI
o 12.00 – 12.15 : Presentasi Bank & Developer – KPR Karyawan
o 12.15 – 12.45 : Makan Siang & Istirahat
* 12.45 - 13.00 : Penyerahan Donasi Ke Wirasa Bali TV
o 13.00 – 13.15 : Kata Sambutan Kadisosnakertrans Kota Denpasar
o 13.00 – 15.00 : Tanya Jawab
o 15.00 – 15.05 : Penutupan dan Foto Bersama
· UNDANGAN
o Dinas Tenaga Kerja Propinsi Bali
o Pengawas Dinas Tenaga Kerja Propinsi Bali
o Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Badung
o Pengawas Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Badung
o Dinas Tenaga Kerja Kota Denpasar
o Pengawas Dinas Tenaga Kerja Kota Denpasar
o KADIN BALI
o APINDO BALI
o SPSI Bali
o SP Par Bali
o PHRI Bali
o BHA – Bali Hotel Association
o BVA – Bali Villa Association
o JPMI Bali
Denah lokasi terlampir
Aturan JAMSOSTEK akan disampaikan besok ke peserta
Aturan JAMSOSTEK akan disampaikan besok ke peserta
Rekan rekan SDM Bali
Silakan daftar terlebih dahulu karena tempat terbatas. Difasilitasi oleh Forum SDM Bali dan Disnaker dan dibiayai oleh Jamsostek.... Acaranya GRATIS namun sederhana saja .... Murah, Meriah, namun ber-MANFAAT....
Prioritas kepada yang PERNAH menjadi peserta kegiatan Forum SDM Bali
Maaf, 1 perusahaan – 1 peserta kegiatan. Karena Tempat TERBATAS. GRATIS !!
TATA CARA REGISTRASI :
Kirim ke : pendaftaran_sdm_bali@yahoo.com cc ke sdmbali-subscribe@yahoogroups.com
Nama, jabatan, perusahaan, alamat, no tlp. no hp, Sudah/Belum menjadi peserta
Subject/Judul email :
Bila Belum menjadi peserta Jamsostek judul emailnya : BELUM -- DAFTAR Sosialisasi Jamsostek
Bila Sudah menjadi peserta Jamsostek judul emailnya : SUDAH -- DAFTAR Sosialisasi Jamsostek
Waktu dan tempat :
· Selasa 20 September 2011
Ruang pertemuan Kantor Bupati Badung di Puspem Mangupura Mengwi
Rekan rekan SDM Bali
Silakan daftar terlebih dahulu karena tempat terbatas. Difasilitasi oleh Forum SDM Bali dan Disnaker dan dibiayai oleh Jamsostek.... Acaranya GRATIS namun sederhana saja .... Murah, Meriah, namun ber-MANFAAT....
Prioritas kepada yang PERNAH menjadi peserta kegiatan Forum SDM Bali
Maaf, 1 perusahaan – 1 peserta kegiatan. Karena Tempat TERBATAS. GRATIS !!
TATA CARA REGISTRASI :
Kirim ke : pendaftaran_sdm_bali@yahoo.com cc ke sdmbali-subscribe@yahoogroups.com
Nama, jabatan, perusahaan, alamat, no tlp. no hp, Sudah/Belum menjadi peserta
Subject/Judul email :
Bila Belum menjadi peserta Jamsostek judul emailnya : BELUM -- DAFTAR Sosialisasi Jamsostek
Bila Sudah menjadi peserta Jamsostek judul emailnya : SUDAH -- DAFTAR Sosialisasi Jamsostek
Waktu dan tempat :
· Selasa 20 September 2011
Ruang pertemuan Kantor Bupati Badung di Puspem Mangupura Mengwi
__._,_.___
Attachment(s) from Bursa Kerja Bali
5 of 5 File(s)
Milis Hotel Human Resources Managers Association Bali
�~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~�
Anda menerima pesan ini karena Anda tergabung pada grup http://groups.yahoo.com/group/HHRMA-Bali/
Untuk mengirim pesan ke grup ini, kirim email ke HHRMA-Bali@yahoogroups.com
Untuk keluar dari grup ini, kirim email ke HHRMA-Bali-unsubscribe@yahoogroups.com
�~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~�
�~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~�
Anda menerima pesan ini karena Anda tergabung pada grup http://groups.yahoo.com/group/HHRMA-Bali/
Untuk mengirim pesan ke grup ini, kirim email ke HHRMA-Bali@yahoogroups.com
Untuk keluar dari grup ini, kirim email ke HHRMA-Bali-unsubscribe@yahoogroups.com
�~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~�
MARKETPLACE
.
__,_._,___
0 comments: Responses to “ {HHRMA~Bali} BURSA KERJA DISNAKER DENPASAR --- Tentang SOSIALISASI JAMSOSTEK - Untung dan Rugi Ikut Jamsostek [5 Attachments] ”